5 Trik Cerdas Kurangi Berat Badan Tanpa Obat, Semua Pasti Bisa!

By | 1 July 2018

Hai para pecinta diet ketat, tahukah kamu jika terkadang tubuh merasa ingin makan meskipun tidak lapar. Bisa saja hal itu karena kita tidak tahan melihat makanan atau ajakan dari teman. Namun ternyata stress, cuaca, waktu, dan kegiatan sehari-hari juga mempengaruhi berapa banyak kita makan.

Nah dilansir dari berbagai sumber, seorang psikolog bernama Brian Wansink membagikan tips sederhana untuk menghilangkan napsu berlebih kita terhadap makanan. Berikut ini adalah 5 trik cerdas mengurangi berat badan ala sang psikolog.

Tidak Perlu Takut untuk Gagal

Kesalahan terbesar bagi para penggiat diet adalah dengan memakan sampai habis makanan yang terlanjur kita makan saat kita lupa. Misalnya bagi kamu yang terbiasa diet mungkin suatu waktu akan tergiur dan lupa dengan berbagai makanan yang ada di kulkas hingga kamu tak sadar untuk mengambilnya. Jika kamu berada dalam situasi ini, cobalah tetap tenang dan lepaskan makanan tak sehat tersebut untuk kembali ke makanan dietmu.

Jangan Takut Meninggalkan Bukti Kejahatan

Penelitian membuktikan bahwa orang yang terburu-buru untuk menyingkirkan “bukti kejahatan” dari nafsu makan mereka cenderung akan makan lebih banyak daripada mereka yang meninggalkannya di depan mata sampai akhir. Hal ini dikarenakan mereka akan lebih dibimbing oleh perasaan kenyang mereka dibanding perasaan bersalah.

Hindari Piring Tanpa Dasar

Menurut penelitian, orang cenderung untuk terus makan sampai piring mereka kosong bukan sampai mereka merasa kenyang. Nah satu-satunya cara untuk memecahkan masalah ini adalah dengan menggunakan piring yang lebih kecil dan makan dengan penuh kesadaran. Cobalah untuk mengabaikan banyaknya makanan di atas meja dan tetap makan secukupnya.

Hindari Makan Beramai-ramai

Beberapa penelitian membuktikan bahwa saat kita sendiri, kita makan 30% lebih sedikit daripada ketika berada bersama orang lain. Adapun situasi ketika kita makan dengan beberapa teman saat berkumpul membuat kamu mengkonsumsi 2 kali lebih banyak makanan daripada ketika sendiri. Situasi ketika kita makan bersama orang yang makan sedikit juga cenderung membuat kita makan lebih banyak karena rasa psikologis kita.

Kunyah Makanan Secara Menyeluruh

Penelitian sang psikolog juga membuktikan bahwa mengunyah setiap suapan makanan setidaknya 32 kali membantu untuk membuat mulut merasa lebih cepat kenyang. Hal ini dapat mengurangi nafsu makan berlebih dan menghindarkan kita dari makan secara berlebih. Triknya adalah menciptakan rasa lebih cepat kenyang.

Nah itulah 5 tips diet cepat dan cerdas untuk mengurangi berat badan tanpa obat yang disarankan oleh psikolog Brian Wansink kepada kita. Meskipun belum tentu terbukti benar, namun secara psikologis hal tersebut dapat membantu kita untuk mengurangi napsu makan kita loh. Dan tentunya pada akhirnya membuat kita lebih mudah menjalankan program diet sehat kita.

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *