X

do you want firefox to remember this password? (1)

bagi pengguna browser mozilla firefox pasti sering melihat kata seperti itu ketika menuliskan password untuk login dan sebagainya. Jika diterjemahkan secara bebas kira-kira artinya “Apakah Anda ingin Firefox mengingat password Ini?”

Kira-kira tampilannya seperti ini di Firefox sebelum versi 3.

atau seperti ini di Firefox 3.

Jika terdapat pilihan seperti itu biasanya aku memilih “Never for This Site” atau “Not Now“. Tapi ada juga orang yang memilih “Remember“. Biasanya orang memilih “Remember” karena dia (biasanya orang awam) tidak tau apa arti pesan konfirmasi itu. Ada juga orang yang sengaja memilih “Remember” karena malas mengingat passwordnya. Jika pilihan “Remember” yang dipilih maka ketika kita membuka halaman yang sama, maka secara otomatis username dan password kita sudah ada di tempat login. Jadi kita tidak perlu mengingat password secara terus-menerus. Cocok bagi orang yang mempunyai banyak password di beberapa website.

Contoh gampangnya begini. Aku login di http://away.web.id/wp-login.php

Aku masukkan username dan password kemudian ditekan tombol Login. Keluar deh pertanyaan do you want firefox to remember this password?. Aku pilih “Remember”. Maka aku masuk ke dashboard wordpress milikku. Setelah puas mengupdate content blog, aku logout dan menutup firefox. Keesokan harinya aku membuka lagi http://away.web.id/wp-login.php, maka secara otomatis username dan password sudah disimpan dan ditampilkan di form login seperti ini.

Jadi aku tidak perlu repot-repot lagi nulis username dan password. Langsung saja klik Login

Tapi ada resikonya memilih “Remember”, yaitu temen kita yang jahil bisa saja mengganti password login kita sehingga kita tidak bisa login lagi. Tapi dia harus tau dulu password aslinya kan? Gimana cara dapetin password yang sudah dienkrip dengan tanda bulet-buket itu? Mau tau caranya? Tunggu epidose selanjutnya…….

away:
Related Post

This website uses cookies.