Beragam Manfaat Fisioterapi di Rumah untuk Pasien Stroke

By | 28 May 2021

Pecahnya pembuluh darah di otak bisa menjadi penyebab penyakit stroke. Gangguan kesehatan yang satu ini memang bukan sesuatu yang dapat diremehkan, karena bisa berdampak fakta menyebabkan kelumpuhan bahkan juga kematian jika tak segera ditangani. Kebanyakan diantara pasien stroke memang akan mengalami penurunan fungsi tubuh, diantaranya adalah efek karena serangan stroke tersebut. membuat mereka tidak bisa menjalankan aktivitas seperti sedia kala.

Pengobatan yang dilakukan tak cukup hanya dengan konsumsi obat-obatan oral saja, melainkan juga harus ditunjang dengan fisioterapi. Namun tak perlu khawatir karena belakangan ini nyatanya sudah tersedia layanan fisioterapi di rumah yang dapat Anda jadikan sebagai alternatif terbaik, pastinya akan jauh lebih praktis. Karena tak perlu repot-repot untuk membawa pasien yang terkena stroke tersebut ke rumah sakit. Berbicara mengenai fisioterapi ini sendiri nyatanya ada begitu banyak manfaat yang akan diterima oleh pasien penyakit stroke tersebut, diantaranya adalah:

  1. Mencegah cacat fisik secara permanen oleh pasien stroke, seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahkan memang serangan stroke umumnya akan membuat pasien mengalami kelumpuhan, baik itu pada sebagian tubuh mereka, maupun juga pada seluruh anggota tubuh. Jika seandainya hal tersebut dibiarkan secara otomatis tentu akan membuat cacat fisik secara permanen. Karena anggota tubuh menjadi kaku dan sama sekali tidak digunakan.
  2. Meningkatkan kualitas hidup pasien stroke, banyak diantara pasien stroke yang tentunya akan merasa putus asa dan juga tidak berarti lagi di dunia, karena tidak bisa menjalankan aktivitas seperti sedia kala. Namun dengan dilakukannya fisioterapi ini nantinya akan membantu meningkatkan kembali kualitas hidup mereka. Meskipun mungkin tidak sama seperti ketika masih sehat dulu.
  3. Membuat pasien stroke menjadi lebih mandiri, adanya latihan secara terus-menerus yang dilakukan oleh pasien penyakit stroke ini tentunya sangatlah bagus, karena secara perlahan akan mengembalikan fungsi tubuh seperti sedia kala. Hal ini tentunya akan memberikan dampak baik dimana mereka akan lebih mandiri dalam melakukan beberapa hal. Tak perlu lagi bantuan dari orang lain.
  4. Dapat mengurangi rasa sakit, faktanya pasien stroke ini tak hanya akan kesulitan dalam melakukan gerakan seperti sedia kala, melainkan juga ada rasa sakit untuk melakukannya. Fisioterapi yang dilakukan secara rutin nantinya akan membantu mereka untuk mengurangi rasa sakit tersebut, sehingga akan terbiasa dan perlahan mampu untuk melakukannya.
  5. Meningkatkan kemampuan dalam bergerak, pasca serangan stroke mungkin banyak hal yang tidak dapat dilakukan oleh pasien, bahkan untuk sekedar berdiri dan juga berjalan akan sangat sulit. Namun dengan adanya latihan secara terus-menerus dan juga perlahan. Hal ini tentunya akan sangat membantu dalam meningkatkan kembali kemampuan mereka untuk bergerak bukan. Meskipun mungkin tidak seaktif dulu ketika belum terkena stroke.

Fisioterapi ini tentunya tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang, melainkan dengan tenaga fisioterapis yang sudah berlisensi. Anda bisa menggunakan layanan fisioterapi di rumah untuk membantu hal tersebut. Untuk pemesanannya bisa dilakukan secara mudah diantaranya adalah dengan mengandalkan aplikasi dari Aido, langsung saja download dan gunakan. Tentunya tak hanya layanan fisioterapi saja, melainkan masih banyak lagi pilihan layanan media lainnya yang bisa Anda manfaatkan dari sini, termasuk diantaranya adalah tenaga perawat bahkan juga vaksinasi, tinggal disesuaikan juga dengan kebutuhan. Jauh lebih aman digunakan apalagi di tengah masa pandemi seperti sekarang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *