Tips Berikut ini yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membeli Rumah KPR Bersubsidi.

By | 25 August 2016

KPR

Memiliki rumah dengan harga terjangkau menjadi idaman mayoritas pasangan yang baru saja menikah. Program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bersubsidi bukan hanya bandrol harga yang miring, salah satu alasannya karna paket promosi yang ditawarkanpun begitu unik serta memaksa pembeli untuk segera memiliki rumah KPR bersubsidi tersebut. Tak seperti rumah KPR normal, KPR perumahan murah bersubsidi memberikan cicilan dengan bunga 0 persen.

Fasilitas KPR subsidi ini diberikan pemerintah untuk keluarga menengah kebawah. Di tahun 2016 ini, bandrol harga maksimal untuk kawasan Jabodetabek adalah sekitar Rp.133.500.000. Dengan harga yang dibandrol maka tak heran jika kualitas bangunan tersebut menjadi salah satu pekerjaan rumah yang harus dipersiapkan dananya setelah membeli rumah KPR tersebut. Dan berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelumnya.

  1. Untuk ukuran rumah yang ditawarkan KPR subsidi biasanya rumah bertipe mungil, yaitu tipe 36 dengan luas tanah biasanya 60 sampai 72 meter persegi. Dengan ketersediaan 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Tak heran yang membeli rumah ini biasanya pasangan yang baru saja menikah. Atau keluarga kecil yang memiliki dua anak.
  2. Bagi anda yang berniat membeli rumah tersebut, usahakan membeli rumah yang belum jadi atau yang masih dalam tahap pembangunan. Selain harganya masih lebih murah karena masih tangan pertama dan belum direnovasi atau bangunannya belum dimodifikasi. Sehingga anda masih leluasa untuk memodifikasinya sendiri sesuai keinginan anda. Rumah subsidi biasanya dirancang sedemikian rupa agar mudah direnovasi atau dimodifikasi. Maka dari itu jangan heran bila bangunanya masih ringkih. Maka dari itu perlu anda persiapkan dana diluar dana cicilan yaitu untuk biaya renovasi atau modifikasi seperti memperluas bangunan rumah atau menambah dapur dan lain sebagainya.
  3. Hal yang ngga kalah penting untuk diperhatikan ketika anda membeli rumah KPR yaitu ketersediaan fasilitas listrik dan air. Jangan sungkan untuk menanyakan fasilitas listrik dan air kepada pihak pengembang (developer). Karna biasanya mereka setelah membangun rumah developer akan berpindah fokus ke bangunan yang lain dan instalasi listrik dan air di rumah anda terabaikan.
  4. Garansi dan asuransi, biasanya KPR menjamin pembelinya dengan fasilitas garansi dan asuransi. Garansi berlaku selama 100 hari selama anda resmi akad kredit. Perhatikan seluruh rumah anda seperti keramik yang retak, genteng yang pecah atau kusen yang keropos. Dan klaim asuransi biasanya jika ditengah jalan menyicicil ternyata pemilik rumah meninggal dunia, maka rumah tersebut dianggap lunas dan menjadi milik ahli waris.

 

Share yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *